Rabu, 08 Juli 2009

ASAL USUL DESA BINCAU

Desa Bincau tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Ini adalah tempat rekreasi, tambak ikan untuk makan bersama keluarga. Tentunya wisata kuliner ini sangat dikenal oleh masyarakat Martapura, Banjarbaru, Banjarmasin bahkan daerah Hulu Sungai. Ditambah dengan pesatnya pembangunan perumahan di Martapura di daerah ini menambah minat orang untuk bertempat tinggal di daerah yang bernama Bincau ini. Bahkan nama Bincau bertambah kemasyurannya setelah dibangun SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) kabupaten Banjar. Tetapi pasti banyak yang belum mengetahui sejarah tentang desa ini, terutama mengapa diberi nama Bincau. Asal usulnya adalah sebagai berikut :
Ada sebuah desa yang termasuk paling tua di kabupaten Banjar. Zaman dahulu di desa ini terdapat pelabuhan yang besar sehingga banyak kapal besar yang dapat berlabuh. Banyak pedagang – pedagang luar yang menjual barangnya di pelabuhan ini. Tetapi ada juga para saudagar yang membeli barang-barang yang dihasilkan oleh desa. Sehingga desa ini sangat ramai dikunjungi oleh orang.
Pada suatu hari datanglah 2 (dua) orang bersaudara dari Tiongkok yang berdagang dan menetap di desa. Salah satu saudagar kaya ini memiliki anak perempuan yang sangat cantik parasnya sehingga menjadi kembang di desanya.
Namun anak saudagar ini pekerjaanya sehari-hari hanya berdandan dan bersolek saja sehingga menjengkelkan kedua hati orang tuanya.
Suatu hari sang ayah tidak tahan lagi melihat perilaku anaknya yang suka bermalas-malasan. Akhirnya keluarlah kata-kata kutukan sehingga anaknya berubah menjadi kera. Yang pada akhirnya menjadi legenda rakyat yaitu legenda telaga puteri.
Setelah saudagar ini menetap lama di desa yang belum ada namanya ini, maka semakin banyak rumah-rumah yang berdiri. Saudagar kaya ini sangat terkenal sekali, tidak hanya di desa tetapi juga sampai kedaerah luar.
2 Saudagar ini mempunyai nama yang mirip. Sang kakak bernama Being Tjiow dan sang adik bernama Being Louw. Karena desa ini belum ada namanya maka ketika orang mau berkunjung kedesa ini kalau ditanya ”mau kemana ?” maka akan dijawab ”mau kedesa Bieng Tjiow. Maksudnya desa yang ditinggali oleh saudagar ini. Dan lama kelamaan akhirnya orang menyebutnya dengan ”Desa Bincau”.
Sedangkan nama adiknya menjadi nama desa yang berdampingan dengan desa Bincau yaitu desa Binglu. Yaitu berasal dari nama Being Louw.
Demikianlah cerita asal usul nama desa Bincau yang terdapat di Kabupaten Banjar kota Martapura. Saya harap jika Anda berkunjung ke Tambak Bincau tentu ingat cerita ini. Dan membagi cerita bersama sanak keluarga yang lain. Ingat ikan bakar, ingat Bincau, ingat asal usulnya......

2 komentar:

Persenengan mengatakan...

saluut sama pyan yang telah membagi kisah soal asal usul suatu nama daerah,hingga qta ini bisa tahu sejarah daerah itu mdh2an kalo sya dtang ke banjar bsa bertandang ksna sambil mengenang dan membayangkan bagaimana rasanya hidup di Bincau oda zaman baheula.swun cak infonya

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««


Entri Populer