Selasa, 11 Februari 2014

Kisi-Kisi Soal Kelas VIII Bahasa Indonesia (MGMP Bina SMP Kab. Banjar)


KISI-KISI SOAL KELAS VIII
Jenjang Sekolah          :  SMP
Kelas/Semester            : VIII/2
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia                
Kurikulum                   :  KTSP                                  
Alokasi Waktu            :  120 menit                                                
Bentuk Soal                :  Pilihan Ganda/Esai  
Jumlah Soal                 :  50 butir


No

Kompetensi Dasar

Uraian Kemampuan yang Diuji

Indiikator

No.Soal

1

11.1 Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif

Menentukan masalah utama

Disajkan kutipan berita, siswa dapat menentukan masalah utama kutipan berita tersebut.

1

Disajkan kutipan berita, siswa dapat menentukan masalah utama kutipan berita tersebut.

1

(Esai)

Menentukan persamaan/perbedaan isi berita

Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan masalah utama kedua berita tersebut.

2

Menentukan persamaan/perbedaan isi berita

Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan kesamaan informasi kedua teks berita tersebut

3

Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan isi berita tersebut

4

Menentukan perbedaan penyajian teks berita

Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut

5

Menentukan informasi berita sesuai adik simba

Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut

6

Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan kutipan berita tersebut.

7

Menentukan kesimpulan berita

Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan kesimpulan yang tepat dari kutipan berita tersebut.

8

2.

11.2 Menemu­kan informasi untuk bahan diskusi mela­lui membaca intensif

Menentukan informasi bahan diskusi dari bacaan.

Disajikan topik diskusi, siswa dapat menentukan teks yang sesuai dengan topik tersebut.

9



Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan paragraf  problematik (berisi masalah)  untuk bahan diskusi sesuai ilustrasi.

10



Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan informasi yang problematik  dalam paragraf tersebut.

11







Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan informasi yang kontradiktif dalam paragraf tersebut.

12

3.

11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi  yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas

Menentukan penjedaan yang tepat.

Disajikan paragraf berita, siswa dapat menentukan penjedaan yang tepat paragraf tersebut.

13

Disajikan teks berita dengan tanda jeda yang kurang tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.



4.

12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pe­ngetahuan po­puler

·         Menentukan rangkuman bacaan





Disajikan tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok isi paragraf pertama.

14

Disajikan tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok isi paragraf kedua.

15

Disajikan tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok isi paragraf ketiga.

16

Disajikan tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan rangkuman yang tepat.

17

5.

12.2 Menulis teks berita secara sing­kat, padat, dan jelas

Menulis berita

Disajikan topik berita, siswa dapat menentukan teks berita yang sesuai dengan topik.

18

Disajikan kalimat berita bernomor yang masih acak, siswa menentukan urutan yang tepat.

2

esai

Disajikan teks berita yang rumpang di tengah, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk  melengkapi berita tersebut

19

Disajikan teks berita yang belum lengkap, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk  melengkapi berita tersebut

20

Disajikan data, siswa dapat menentukan berita yang sesuai data.

21

Disajikan teks berita, siswa dapat menentukan bentuk lain cara penyajian yang sesuai berita tersebut.

22

Menyunting berita

Disajikan teks berita yang kurang jelas, siswa dapat menentukan teks perbaikan yang tepat agar berita menjadi jelas.

23

6.

12.3 Menulis slogan/poster untuk berba­gai keperluan dengan pi­lih­an kata dan kalimat yang bervariasi, serta per­sua­si

·         Menentukan slogan berdasarkan konteks/tema



Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut.

24

Disajikan tema, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan tema.

25

·        Menyunting slogan

Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

26

·         

Disajikan ilustrasi, siswa dapat menulis slogan sesuai ilustrasi.

3 Esai

7

15.1 Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)

·         Menentukan alur kutipan novel.

o    Disajikan tiga kutipan yang menunjukkan bagian alur, siswa menentukan alur yang tepat.

27

·         Menentukan watak pelaku.

o    Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan watak pelaku.

28

·         Menentukan bukti watak pelaku.

o    Disajikan satu paragraf kutipan novel dengan kalimat bernomor, siswa menentukan bukti watak.

29

·         Menentukan latar novel.

o    Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan latar tempat .

30

o    Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan latar waktu.

31

o    Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan latar suasana.

32

·         Menentukan bukti latar.

o    Disajikan satu paragraf kutipan novel dengan kalimat bernomor, siswa menentukan bukti  latar tempat.

33





·          

o    Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan latar waktu dan tempat kutipan novel tersebut.

4

esai

8.

15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi.

Ciri umum puisi

Disajikan kutipan puisi, siswa menentukan ciri yang menonjol pada kutipan puisi tersebut.

34

Persamaan ciri

Disajikan kutipan dua puisi, siswa menentukan ciri yang sama pada kedua kutipan puisi tersebut.

35

Menentukan citraan

Disajikan kutipan puisi, siswa menentukan kalimat bermajas pada kutipan puisi tersebut.

36

Menentukan gaya bahasa

Disajikan kutipan puisi, siswa menentukan amanat yang menonjol pada kutipan puisi tersebut.

37

Menentukan amanat

Disajikan kutipan puisi, siswa menentukan citraan yang menonjol pada kutipan puisi tersebut.

38

9.

16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai

·         Melengkapi puisi dengan larik bermajas/pilihan kata

o    Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas

39

o    Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat

40

Menulis puisi

o    Disajikan gambar, siswa dapat menentukan  puisi  yang sesuai dengan gambar.

41

o    Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan  puisi  yang sesuai dengan ilustrasi.

42

Menentukan  puisi berdasarkan konteks (ilustrasi pengalaman/ gambar)

o    Disajikan tema, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai tema tersebut

43

10.

16.2 Menulis puisi bebas dengan mem­perhatikan un­sur persa­jakan

·         Melengkapi puisi dengan kata berima.



o    Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat agar memiliki rima yang menarik.

44







o    Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan kalimat yang tepat agar memiliki rima yang menarik.

45







Siswa dapat menulis sebait puisi  dengan memperhatikan unsur persajakan.

5

esai






1 komentar:

natalevalk mengatakan...

Online Gambling - A Guide To Casino Games - JTM Hub
It is a casino game to win and to lose. The aim of online 양주 출장샵 gambling is to win at a gambling site, regardless 보령 출장안마 of 서울특별 출장마사지 the type 남원 출장안마 of gambling 춘천 출장안마 they are

Entri Populer