Selasa, 11 Februari 2014

Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas VII/Genap (MGMP Bina SMP Kab. Banjar)


KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah               : SMP/MTs
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/Genap
Kurikulum                   : KTSP
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Uraian

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
soal
Keterangan

1
Membaca
11. Memahami wacana tulis melaluikegiatan membaca intensif dan membaca menindai
11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
Hal yang patut diteladani dari biografi.
Disajikan wacana biografi seorang tokoh nasional, siswa dapat menentukan sifat yang dapat diteladani dari tokoh.
1

Disajikan wacana biografi seorang tokoh nasional, siswa dapat menentukan kesimpulan tentang tokoh dari wacana tersebut.
2

Disajikan sebuah paragraf berisi biografi seorang tokoh, siswa dapat menentukan hal yang patut diteladani sebagai seorang pelajar.
3

Disajikan sebuah paragraf berisi biografi seorang tokoh, siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai dengan sifat tokoh.
4

Disajikan sebuah paragraf berisi biografi seorang tokoh, siswa dapat menentukan dua hal yang patut diteladani.

esai
11.2 Menemukan gagasan tama dalam teks
Gagasan utama
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf.
5




Kalimat utama
Disajikan paragraf deduktif dengan kalimat bernomor, siswa dapat menentukan nomor kalimat utama.
6

Disajikan paragraf induktif dengan kalimat bernomor, siswa dapat menentukan nomor kalimat utama.
7

Gagasan utama
Disajikan paragraf deskriptif , siswa dapat menentukan gagasan utama.


Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf.

esai
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram
Diagram
Disajikan diagram, siswa dapat menentukan kesimpulan yang paling tepat.
8

Grafik
Disajikan grafik, siswa dapat menentukan kesimpulan yang paling tepat.
9

Tabel
Disajikan tabel, siswa dapat menentukan informasi yang sesuai tabel.
10




Tabel
Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai tabel.
11



Tabel
Disajikan tabel, siswa dapat membuat dua pertanyaan yang sesuai tabel.

esai
2
Menulis
12. Mengungkap-kan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat.
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi.
Mengubah teks wawancara menjadi narasi.
Disajikan teks wawancara, siswa dapat menentukan bentuk narasi yang tepat dari teks tersebut.
12

Disajikan kalimat langsung, siswa dapat menentukan kalimat tak langsung yang tepat dari kalimat tersebut.
13

Disajikan kalimat langsung, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat dari kalimat tersebut.
14

Disajikan teks wawancara, siswa dapat menentukan bentuk narasi yang tepat dari teks tersebut.
15

Disajikan teks wawancara, siswa dapat menentukan bentuk narasi  yang tepat topik tertentu dari teks tersebut.
16

Disajikan teks wawancara, siswa dapat menentukan bentuk narasi yang tidak sesuai dengan teks tersebut.
17

Disajikan pernyataan langsung, siswa dapat menentukan bentuk narasi yang tepat dari pernyataan  tersebut.
18

Menyunting
Disajikan kalimat naratif, siswa menentukan perbaikan ketidakefektifan yang tepat kalimat tersebut. 
19

Disajikan paragraf naratif, siswa menentukan perbaikan ketidakpaduan yang tepat paragraf  tersebut. 
20

Disajikan paragraf naratif, siswa menentukan perbaikan diksi yang tepat paragraf  tersebut. 
21

Disajikan paragraf naratif, siswa menentukan kata yang tidak baku paragraf  tersebut. 
22

Disajikan teks wawancara, siswa dapat mengubah teks tersebut menjadi bentuk narasi.

esai
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun.


Memo
Siswa dapat menentukan paragraf yang merupakan memo.
23

Disajikan memo, siswa dapat menentukan isi pokok memo.
22

Disajikan memo, siswa dapat menentukan isi pokok memo.
24

Disajikan ilustrasi, siswa dapat  menentukan kalimat memo yang tepat.
25

Disajikan ilustrasi, siswa dapat  menentukan kalimat memo yang tepat.
26

3
Membaca Sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan puisi dan buku cerita anak.
15.1 Membaca indah puisi dengan menggu-nakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai isi puisi.
Ekpresi
Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan ekspresi pembacaan penggalan puisi tersebut.
27

Tempo
Siswa dapat menentukan penggalan puisi yang dibacakan dengan tempo tertentu.
28

Tanda jeda
Disajikan larik puisi, siswa dapat menentukan penandaan jeda yang tepat.
29

suasana
Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan ekspresi pembacaan penggalan puisi tersebut.
30

15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak  baik asli maupun terjemahan.
Realitas kehidupan
Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menentukan realitas kehidupan yang terdapat penggalan cerita tersebut.
31

Prilaku tokoh
Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menentukan identifikasi prilaku yang terdapat penggalan cerita tersebut.
32

Prilaku tokoh
Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menentukan prilaku tokoh yang patut diteladani dalam penggalan cerita tersebut.
33

Realitas kehidupan
Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menentukan realitas kehidupan yang terdapat penggalan cerita tersebut.
34

4
Menulis Sastra
16. Mengungkap-kan keindahan alam dan pengalaman  melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
Menulis puisi alam
Disajikan sebait puisi tentang alam dengan dua larik yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi rumpang puisi tersebut.
35

Disajikan sebait puisi tentang alam yang dirumpangkan kata pada akhir larik 3 dan 4, siswa dapat menentukan kata yang tepat agar puisi tersebut memiliki rima silang.
36

Disajikan sebait puisi tentang alam yang rumpang pada bagian tengah larik, siswa dapat menentukan kata yang tepat.
37

Disajikan deskripsi tentang alam, siswa dapat menentukan bait puisi yang sesuai dengan deskripsi tersebut.
39

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan bait puisi yang sesuai gambar.
40

16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
Menulis puisi tentang peristiwa
Disajikan ilustrasi sebuah peristiwa, siswa dapat menentukan bait puisi yang sesuai peristiwa tersebut.
41

Disajikan sebait puisi tentang peristiwa yang rumpang pada bagian tengah larik, siswa dapat menentukan kata yang tepat.
42

Disajikan sebait puisi tentang peristiwa dengan diksi yang kurang tepat, siswa dapat menentukan kata/diksi pengganti yang tepat.
43

Siswa dapat membuat sebait puisi berdasarkan peritiwa yang pernah dialaminya.

esai


Tidak ada komentar:

Entri Populer