KISI-KISI SOAL KELAS VIII
Jenjang
Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : KTSP
Alokasi
Waktu : 120 menit
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda/Esai
Jumlah
Soal : 50 butir
No
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kemampuan yang Diuji
|
Indiikator
|
No.Soal
|
1
|
11.1 Menemukan masalah utama dari berbagai berita
yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
|
Menentukan
masalah utama
|
Disajkan kutipan berita, siswa dapat menentukan masalah utama kutipan
berita tersebut.
|
1
|
Disajkan kutipan berita, siswa dapat menentukan masalah utama kutipan
berita tersebut.
|
1
(Esai)
| |||
Menentukan persamaan/perbedaan isi berita
|
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan
perbedaan masalah utama kedua berita tersebut.
|
2
| ||
Menentukan persamaan/perbedaan isi berita
|
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan
kesamaan informasi kedua teks berita tersebut
|
3
| ||
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan
perbedaan isi berita tersebut
|
4
| |||
Menentukan perbedaan penyajian teks berita
|
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan
perbedaan penyajian berita tersebut
|
5
| ||
Menentukan informasi berita sesuai adik
simba
|
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan
pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut
|
6
| ||
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pernyataan yang
sesuai dengan kutipan berita tersebut.
|
7
| |||
Menentukan
kesimpulan berita
|
Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan kesimpulan yang
tepat dari kutipan berita tersebut.
|
8
| ||
2.
|
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
|
Menentukan informasi bahan diskusi dari bacaan.
|
Disajikan
topik diskusi, siswa dapat menentukan teks yang sesuai dengan topik tersebut.
|
9
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan paragraf
problematik (berisi masalah)
untuk bahan diskusi sesuai ilustrasi.
|
10
| ||
|
Disajikan
paragraf, siswa dapat menentukan informasi yang problematik dalam paragraf tersebut.
|
11
| ||
|
|
|
Disajikan
paragraf, siswa dapat menentukan informasi yang kontradiktif dalam paragraf
tersebut.
|
12
|
3.
|
11.3
Membacakan teks berita dengan intonasi
yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
|
Menentukan
penjedaan yang tepat.
|
Disajikan
paragraf berita, siswa dapat menentukan penjedaan yang tepat paragraf
tersebut.
|
13
|
Disajikan
teks berita dengan tanda jeda yang kurang tepat, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat.
|
| |||
4.
|
12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer
|
·
Menentukan rangkuman bacaan
|
Disajikan
tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok isi paragraf
pertama.
|
14
|
Disajikan
tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok isi paragraf kedua.
|
15
| |||
Disajikan
tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok isi paragraf ketiga.
|
16
| |||
Disajikan
tiga paragraf bacaan, siswa dapat menentukan rangkuman yang tepat.
|
17
| |||
5.
|
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
jelas
|
Menulis berita
|
Disajikan topik berita, siswa dapat menentukan teks berita yang sesuai
dengan topik.
|
18
|
Disajikan
kalimat berita bernomor yang masih acak, siswa menentukan urutan yang tepat.
|
2
esai
| |||
Disajikan
teks berita yang rumpang di tengah, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat
untuk melengkapi berita tersebut
|
19
| |||
Disajikan
teks berita yang belum lengkap, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat
untuk melengkapi berita tersebut
|
20
| |||
Disajikan
data, siswa dapat menentukan berita yang sesuai data.
|
21
| |||
Disajikan
teks berita, siswa dapat menentukan bentuk lain cara penyajian yang sesuai
berita tersebut.
|
22
| |||
Menyunting berita
|
Disajikan
teks berita yang kurang jelas, siswa dapat menentukan teks perbaikan yang
tepat agar berita menjadi jelas.
|
23
| ||
6.
|
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan
kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasi
|
·
Menentukan slogan berdasarkan konteks/tema
|
Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang
sesuai ilustrasi tersebut.
|
24
|
Disajikan
tema, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan tema.
|
25
| |||
·
Menyunting slogan
|
Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat
menentukan perbaikan yang tepat
|
26
| ||
·
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menulis slogan sesuai ilustrasi.
|
3 Esai
| ||
7
|
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel (asli atau
terjemahan)
|
·
Menentukan alur kutipan novel.
|
o Disajikan tiga kutipan yang menunjukkan
bagian alur, siswa menentukan alur yang tepat.
|
27
|
·
Menentukan watak pelaku.
|
o Disajikan kutipan novel, siswa dapat
menentukan watak pelaku.
|
28
| ||
·
Menentukan
bukti watak pelaku.
|
o Disajikan satu paragraf kutipan novel
dengan kalimat bernomor, siswa menentukan bukti watak.
|
29
| ||
·
Menentukan
latar novel.
|
o Disajikan kutipan novel, siswa dapat
menentukan latar tempat .
|
30
| ||
o Disajikan kutipan novel, siswa dapat
menentukan latar waktu.
|
31
| |||
o Disajikan kutipan novel, siswa dapat
menentukan latar suasana.
|
32
| |||
·
Menentukan
bukti latar.
|
o Disajikan satu paragraf kutipan novel
dengan kalimat bernomor, siswa menentukan bukti latar tempat.
|
33
| ||
|
|
·
|
o Disajikan kutipan novel, siswa dapat
menentukan latar waktu dan tempat kutipan novel tersebut.
|
4
esai
|
8.
|
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi.
|
Ciri umum
puisi
|
Disajikan
kutipan puisi, siswa menentukan ciri yang menonjol pada kutipan puisi
tersebut.
|
34
|
Persamaan
ciri
|
Disajikan
kutipan dua puisi, siswa menentukan ciri yang sama pada kedua kutipan puisi
tersebut.
|
35
| ||
Menentukan
citraan
|
Disajikan
kutipan puisi, siswa menentukan kalimat
bermajas
pada kutipan puisi tersebut.
|
36
| ||
Menentukan
gaya bahasa
|
Disajikan
kutipan puisi, siswa menentukan amanat yang menonjol pada kutipan puisi
tersebut.
|
37
| ||
Menentukan
amanat
|
Disajikan
kutipan puisi, siswa menentukan citraan yang menonjol pada kutipan puisi
tersebut.
|
38
| ||
9.
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
|
·
Melengkapi puisi dengan larik
bermajas/pilihan kata
|
o Disajikan
puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik
bermajas
|
39
|
o Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan,
siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat
|
40
| |||
Menulis puisi
|
o Disajikan gambar,
siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan gambar.
|
41
| ||
o Disajikan ilustrasi,
siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi.
|
42
| |||
Menentukan puisi
berdasarkan konteks (ilustrasi pengalaman/ gambar)
|
o
Disajikan tema, siswa
dapat menentukan puisi yang sesuai tema tersebut
|
43
| ||
10.
|
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan
unsur persajakan
|
·
Melengkapi puisi dengan kata berima.
|
o Disajikan
puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut
dengan pilihan kata yang tepat agar memiliki rima yang menarik.
|
44
|
|
|
|
o Disajikan
puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut
dengan kalimat yang tepat
agar memiliki rima yang menarik.
|
45
|
|
|
|
Siswa
dapat menulis sebait puisi dengan
memperhatikan unsur persajakan.
|
5
esai
|
1 komentar:
Online Gambling - A Guide To Casino Games - JTM Hub
It is a casino game to win and to lose. The aim of online 양주 출장샵 gambling is to win at a gambling site, regardless 보령 출장안마 of 서울특별 출장마사지 the type 남원 출장안마 of gambling 춘천 출장안마 they are
Posting Komentar