Kamis, 28 Oktober 2010

Kecerdasan dan Gaya Belajar

Sharing pendapat teman-teman pada rapat rutin di ruang rapat SD Bertaraf internasional kemarin sangat bermamfaat sekali terhadap kemajuan belajar murid. Kami saling tukar pendapat dan solusi permasalahan pembelajaran pada murid di kelasnya masing-masing. Ketika dewan guru membahas tentang gaya belajar anak, ini mengingatkan saya pada buku yang saya beli di Gramedia beberapa bulan yang lalu. Buku tersebut menjelaskan kecerdasan anak dengan bermacam-macam kecerdasan yang disebut Multiple Intelegensi (MI).


Gaya belajar peserta didik berbeda setiap individunya. kecerdasan sangat mempengaruhi gaya belajar tersebut. Hendaknya guru mensurvei kecerdasan anak untuk pembelajaran yang cocok di kelasnya. Survei seperti ini sudah kami lakukan setiap proses Penerimaan Murid Baru di sekolah dengan melibatkan tim Psikolog yang profesional. mereka bertugas memetakan Gaya belajar anak.

Berikut 8 kecerdasan menurut DR. Howard Gardner :

1. Kecerdasan Linguistik
Komponen inti : kepekaan pada bunyi, struktur, makna, fungsi kata dan bahasa. Berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi dan berdebat.

2. Kecerdasan Matematis –logis
Komponen inti : kepekaan pada memahami pola-pola logis atau numeris, dan kemampuan mengolah alur pemikiran yang panjang. Berkaitan dengan kemampuan berhitung, menalar dan berpikir logis, memecahkan masalah.

3. Kecerdasan Visual-Spasial
Komponen inti :kepekaan merasakan dan membayangkan dunia gambar dan ruang secara akurat. Berkaitan dengan kemampuan menggambar, memotret, membuat patung, mendasain.

4. Kecerdasan musical
Komponen inti : kepekaan dan kemampuan menciptakan dan mengapresiasikan iama, pola titik nada dan warna nada serta apresiasi bentuk-bentuk ekpresi emosi musical. Berkaitan dengan kemampuan menciptakan lagu, mendengarkan nada dari sumber bunyi atau alat music.

5. Kecerdasan Kinestetis
Komponen inti kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek, respon, dan reflex. Berkaitan dengan kemampuan gerak motorik dan keseimbangan.

6. Kecerdasan interpersonal
Komponen inti : kepekaan mencerna dan merespon secara tepat suasana hati, temperammen, motivasi dan keinginan orang lain. Berkaitan dengan kemampuan bergaul dengan orang lain, memimpin, kepekaan social yang tinggi, negosiasi, bekerja sama, mempunyai empati yang tinggi.

7. Kecerdasan Intrapersonal
komponen inti : memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri. Berkaitan dengan kemampuan mengenal diri sendiri secara mendalam, kemampuan intuitif dan motivasi diri, penyendiri, sensitive terhadap nilai diri dan tujuan hidup.

8. Kecerdasan Naturalis :
Komponen inti : keahlian membedakan anggoya-anggota spesies, mengenali eksi stensi spesies lainnya, dan memetakan hubungan antara beberapa spesies baik secara format maupun Non-format. Berkaitan dengan kemampuan meneliti gejala-gejala alam, mengklafikasi, identifikasi.

Sumber : Sekolahnya Manusia : sekolah berbasis multiple Intelegensi di Indonesia, hal 56, penulis Munif Chatib

Tidak ada komentar:

Entri Populer